Senin, 08 Agustus 2016

Jenis-Jenis Teknologi Nirkabel



Assalamu’alaikum wr.wb.
Kali ini saya akan menyampaikan sedikit penjelasan tentang  jenis-jenis teknologi nirkabel.Materi ini adalah materi pertama pada minggu ini.Kenapa saya menyebutnya pertama?karena pada minggu ini saya akan menyampaikan dua materi sekaligus.Langsung saja dibaca ya…

JENIS – JENIS TEKNOLOGI NIRKABEL

Teknologi jaringan nirkabel merupakan transfer informasi  antara dua atau lebih titik yang tidak terhubung secara fisik.  Jaringan nirkabel ini memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penggunaanya. Kelebihan dari jaringan ini yaitu lebih mudah dalam proses instalasi, area kerja yang luas, serta kebebasan dalam beraktivitas. Kekurangan dari teknologi nirkabel ini yaitu  lebih mahal, delay besar,dan tata keamanan tidak terjaga.

1.Nirkabel  WPAN
WPAN(Wireless Personal Area Network) adalah jaringan wireless dengan jangkauan area kecil.contoh:Bluetooth,infrared,Zigbee.
a.        Inframerah
 
        Inframerah menggunakan gelombang cahaya yang memiliki frekuensi yang lebih rendah daripada yang diterima oleh mata manusia. Inframerah ini digunakan pada kebanyakan sistem remote kontrol oleh televisi. Komunikasi inframerah cukup cepat dan tidak membutuhkan biaya yang relative mahal untuk berkoneksi,dan dengan inframerah , kita dapat mengetahui bahwa pesan yang kita kirim akan sampai pada orang yang diinginkan meskipun dalam satu ruangan terdapat banyak penerima inframerah.
        Akan tetapi, inframeah ini memiliki kekurangan yaitu hanya bisa dilakukan searah saja, seperti contoh pada saat kita mengirim data antara komputer dengan laptop. Komunikasi dengan menggunakan media inframerah ini, tidak bisa menembus gedung, namun bisa menembus ketika melewati mika transparan.

Karakteristik:
·        Tidak dapat dilihat oleh manusia
·        Tidak dapat menembus materi yang tidak tembus pandang
·        Dapat ditimbulkan oleh komponen  yang menghasilkan panas
·        Panjang gelombang pada infra merah memiliki hubungan yang berlawanan atau berbanding terbalik dengan suhu . Ketika suhu mengalami kenaikkan ,maka panjang gelombang mengalami penurunan.
Jenis – Jenis infra merah berdasarkan panjang gelombang:
·        Inframerah jarak dekat dengan panjang gelombang 0.75 -1.5 µm
·        Inframerah jarak menengah dengan panjang gelombang 1.50 – 10 µm
·        Inframerah jarak jauh dengan panjang gelombang 10 - 100 µm


b.        Bluetooth
 
        Bluetooth merupakan teknologi yang memungkinkan dua perangkat saling terhubung tanpa menggunakan kabel dan saluran yang tidak terlihat. Cara kerja dari Bluetooth ini yaitu dengan memiliki sistem Bluetooth didalam alat komunikasi yang digunakan dan juga ada dua perangkat sebagai pengirim dan penerima data dari Bluetooth.
        Kelebihan dari Bluetooth ini yaitu selain biayanya relative lebih murah, Bluetooth dapat mengirimkan data lebih cepat daripada inframerah.Bluetooth juga bisa menembus tembok sekalipun. Jadi, semisal kita mengirimkan data dari luar ruangan dengan menggunakan bluetooth, masih bisa dijangkau asalkan radiusnya tidak lebih dari 10 meter.


2.Nirkabel WLAN
WLAN (Wireless Local Area Network)atau wifi memiliki jangkauan lebih baik dibanding dengan WPAN.Saat ini WLAN mengalami banyak peningkatan dari segi kecepatan dan luas cakupannya.Awalnya WLAN ditujukan untuk penggunaan perangkat jaringan lokal ,namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet seperti dalam satu gedung.
WLAN memiliki standar komunikasi yang diatur oleh sebuah lembaga. Standar komunikasi data yang digunakan dalam WLAN umumnya adalah keluarga Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11.
1.      IEEE 802.11a bekerja pada frekuensi 5GHz dan mempunyai kecepatan maksimum 54 Mbps.
2.      IEEE 802.11b bekerja pada frekuensi 2,4GHz dan mempunyai kecepatan sampai dengan 11Mbps.
3.      IEEE 802.11g bekerja pada frekuensi yang sama dengan IEEE 802.11b yaitu 2,4GHz, namun memiliki kecepatan maksimal yang lebih besar, yaitu 54Mbps.
4.      IEEE 802.11n yang bekerja pada dua frekuensi yaitu 2,4 dan 5GHz dengan kecepatan maksimum adalah 100 sampai dengan 210 Mbps

IEEE sendiri adalah sebuah lembaga internasional yang bersifat non-profit yang mempromosikan pengembangan berbagai teknologi yang berkaitan dengan listrik, telekomunikasi dan jaringan komputer. IEEE menentukan berbagai standar yang sering kali dipakai sebagai standar internasional [17].
Perbedaan WPAN dan WLAN terdapat pada access point nya

3.Nirkabel WMAN
WMAN(Wireless Metropolitan Area Network)adalah jaringan wireless yang menghubungkan antar beberapa WLAN.contoh :WiMAX

4.WWAN
WWAN(Wireless Wide Area Network) jaringan wireless yang umumnya menjangkau area luas seperti kota atau negara.Penggunaan WWAN ini melalui beberapa satelit atau antena .
.
Fitur
WPAN
WLAN
WMAN
WWAN
Standar
802.15 (bluetooth, Irda)
802.11 (WiFi)
802.16 (Wimax)
802.20 (GSM, GPRS, CDMA, 2,5 G, 3G, 2,5G, LTE
Kecepatan
<1Mbps
11 to 54 Mbps
11 to 100 Mbps
10 to 384 Kbps, 1,8/3,6 - 7,2 Mbps, 300Mbps
Jangkauan
Kecil (manusia)
Bangunan
Kota
Dunia
Range
up to 100 m
Up to 1 km
1 km to 10 km
>10 km
Kinerja
Moderate
Tinggi
Tinggi
Rendah


5.Cellular Network
Cellular network atau mobile network adalah jaringan radio terdistribusi  yang melayani media komunikasi perangkat mobile seperti  handphone,pager,dll.contoh:sistem dari cellular network ini adalah GSM,PCS da n D-AMPS.
a.GSM
b.PCS
c.D-AMPS

Sampai disini dulu materi pada minggu ini.Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada materi selanjutnya..
Terima kasih…
Assalamu’alaikum wr.wb.

0 komentar:

Posting Komentar