Senin, 07 November 2016

Wireless Tools di Mikrotik


Wireless Tools di Mikrotik

 Assalamu’alaikum wr.wb Kali ini saya akan menyampaikan sedikit penjelasan tentang wireless tool ada mikrotik.
A. Scanner Tool Mikrotik
Sesuai dengan namanya, scanner berfungsi untuk melakukan scan dengan memperlihatkan Access point mana saja yang aktif di sekitar perangkat. Scanner akan menampilkan informasi dari AP disekeliling Mikrotik secara detail mulai dari Mac Address, SSID, Band, Frequensi, Sinyal, SNR, Radio Name, sampai versi RouterOS nya (jika perangkat itu Mikrotik). Berikut ini contoh penggunaan Scanner.

Langkah-Langkah scan wifi di mikrotik
     1.    Klik tab wireless setelah itu klik 2x wlan1


     2.   Isi mode dengan station, band dengan 2GHz-B/G/N, setelah itu klik scan untuk memilih wifi yang akan kita gunakan.


      3.   Pilih wifi yang akan digunakan lalu klik connect


B. Frequency Usage Tool Mikrotik
Tool ini berfungsi untuk melakukan scanning penggunaan frekuensi disekitar perangkat mikrotik anda. Frequency Usage akan menampilkan beban penggunaan masing-masing frekuensi apakah banyak digunakan apa sepi pengguna. Sehingga kita dapat menentukan frekuensi mana yang tidak terlalu ramai penggunanya untuk mengurangi interferensi.

Langkah-langkah Frequency Usage
Tool Frequency Usage setelah itu double klik interface wlan1 setelah itu atur mode menjadi station, band pilih 2GHz-B/G/N, dan frekuensi setelah itu klik Freq. Usage dan kemudian akan muncul tampilan seperti berikut : 


C. Sniffer Tool Mikrotik

Packet Sniffer adalah tool yang disediakan dalam Mikrotik untuk menangkap dan menyadap paket-paket yang berjalan di jaringan. Tool ini sangat berguna untuk menganalisa trafik jaringan kita.

Langkah-Langkah  Sniffer Tool Mikrotik
Tool Snooper, Langkah-langkah untuk membuka torch dengan cara double klik interface wlan setelah itu atur mode menjadi station, isi band dengan 2GHz-B/G/N , dan frekuensi setelah itu klik snooper maka tampilan snooper akan muncul seperti gambar berikut :

D. Torch
Langkah-langkah untuk membuka torch dengan cara double klik interface wlan setelah itu atur mode menjadi station, isi band dengan 2 GHz  B/G/N , dan frekuensi setelah itu klik torch maka tampilan torch akan muncul seperti gambar berikut :


E. Align
Tool align, double klik interface wlan1 kemudian atur mode menjadi station, band pilih 2GHz-B/G/N, dan frekuensi , kemudian  klik align maka tampilannya akan muncul seperti gambar berikut :

 
 
 Sampai disini dulu materi ini.Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada materi selanjutnya..

Terima kasih…


Assalamu’alaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar